Perilaku Konsumen


Consumer Behavior Class (Kelas Perilaku Konsumen)
Tuesday Afternoon
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University

Lecturer          : Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc

Perilaku Konsumen

Oleh: Deslaknyo Wisnu Hanjagi
Mayor SKPM (Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat)
College of Human Ecology



Apakah  kegunaan dari formulasi model Weber?
            Formulasi model  Weber digunakan untuk mengetahui Ambang berbeda. Ambang berbeda adalah  batas perbedaan terkecil yang dapat dirasakan antara dua stimulus yang mirip. Model ini diformulasikan dalam rumus sebagai berikut:

ΔI= IxK

ΔI= JND, perbedaan terkecil dari intensitas stimulus yang diperlukan
I   = intensitas stimulus awal
K = konstanta yang menggambarkan proporsi jumlah perubahan

Apakah yang dimaksud dengan retensi?
Retensi merupakan tolak ukur untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen terhadap suatu merek atau produk. Konsumen yang merasa puas akan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap sebuah merek atau produk. Meningkatkan kepuasan konsumen akan meningkatkan retensi yang berdampak pada peningkatan market share. Atas dasar teori tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen sehingga dapat meningkatkan market share.

Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan konsumen?
Kepercayaan adalah dasar untuk menjalin hubungan bisnis yang menguntungkan dengan pelanggan sampai bertahun tahun. Kepercayaan pelanggan tumbuh bila mana mereka yakin setiap kali melakukan transaksi dengan perusahaan langganannya, pimpinan dan kariyawan yang melayani mereka bertindak adil, kompeten, etis dan dapat dipercaya.
Jaminan bahwa perusahaan akan selalu menepati janji yang telah mereka berikan kepada pelanggan merupakan salah satu faktor penentu tumbuhnya kepercayaan. Berbagai macam jaminan yang diberikan perusahaan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu jaminan produk dan jaminan harga. Termasuk dalam kategori jaminan produk adalah servis dan reparasi kerusakan produk yang dibeli pelanggan selama masa tertentu atau selama umur teknis produk. Jenis jaminan produk yang lain adalah menukar barang yang telah dibeli pelanggan dengan produk lain yang dihasilkan perusahaan.
Contoh jaminan harga dan syarat pembayaran adalah jaminan pembayaran kembali uang yang dipergunakan pelanggan untuk membeli produk. Pembayaran kembali uang tersebut dilakukan bilamana pelanggan merasa tidak puas atas produk yang mereka beli.
Tuntutan ganti rugi oleh pelanggan karena sesuatu yang dijanjikan perusahaan tidak terpenuhi wajib ditangani secara serius. Salah satu syarat agar dapat menangani segala tuntutan pelanggan secara profesional adalah adanya sikap mental yang positif pada setiap orang karyawan perusahaan yang ditugaskan melayani pelanggan. Selama menangani tuntutan para karyawan yang menjalankan tugas itu wajib menjadi pendengar yang efektif. Disamping itu perusahaan tidak menganggap sepele kekuatan pelanggan. Seorang pelanggan yang kecewa terhadap perlakuan perusahaan dapat bertindak sebagai sales promotor yang buruk.

0 komentar Anda:

Post a Comment

Tinggalkan komenatar anda....

textarea

Followers


Related Posts with Thumbnails